Trik Hebat Merawat Motor Injeksi Kita - terbaru ada dari modifmotif yaitu informasi otomotif tentang cara trik tips untuk rawat motor injeksi kita, dimana memang tekhnologi injeksi terbaru jelas berbeda dengan tekhnologi motor sebelumnya, lihat saja langsung dibawah ini.
Dalam era maraknya motor injeksi banyak beberapa vendor besar
motor di Indonesia yang sudah mengeluarkan berbagai jenis motor
injekasi. Kegunaan sistem injeksi pada kendaraan sepeda motor memang
sangat diperlukan, selain berfungsi untuk menghemat bahan bakar juga
tentunya ramah lingkungan meskipun sistem tersebut memiliki kelebihan
dan kekurangan bila dibandingkan dengan motor biasa.
Injeksi sendiri memanfaatkan kontrol elektrik sebagai penghidup mesin,
penyuplai bahan bakar ke dalam mesin. Maka jelas sekali injeksi memiliki
konsumsi listrik, dalam hal ini adalah Aki.
Berikut ini dibawah adalah Trik Hebat Merawat Motor Injeksi Kita :
Check selalu selang bahan bakar
Fungsi Injeksi
yaitu menyemprotkan kabut bahan bakar dengan tekanan tinggi ke mesin
yang takaran dan waktunya diatur oleh peranti Electronic Control Unit
(ECU).
Pemeriksaan selang bahan bakar perlu dilakukan setelah menempuh jarak
2.000kilometer untuk mengetahui kotor atau bocornya selang tersebut
yang akan tidak memaksimalkan kerja injector meskipun komponen lain juga
berperan dalam ketepatan system kerja ini.
Pengecheck posisi klep injector
Agar kerja injector benar-benar tepat, pastikan klep berada diposisi
yang tepat. Dalam artian tidak terlalu renggang dan tidak terlampau
rapat. Meskipun klep sudah di program oleh pabrikan. Mengapa bila
terlalu renggang? Karena asupan bahan bakar ke peranti itu akan berlebih
dan sebaliknya bila terlalu rapat. Akibatnya, proses pembakaran tidak
sempurna dan tenaga mesin loyo atau motor boros bahan bakar.
Pengecheckan busi dan filter udara
Dalam menentukan sempurna tidaknya proses pembakaran tergantung dari
ketepatan pantikan api dari busi dan semburan bahan bakar yang bercampur
udara di ruang bakar. Proses pembakaran yang tidak sempurna selain
menjadikan bahan bakar mubazir, tenaga dari mesin pun loyo. Oleh karena
itu bersihkan busi, atur ulang tingkat kerenggangan sumbu dan kutub
busi. Begitu pun dengan filter udara. Bila kotor segera bersihkan,
sedangkan bila sel-sel kertas telah sangat kotor atau rusak lebih baik
segera menggantinya. Jika filter yang rusak atau kotor, hembusan udara
ke ruang bakar juga terhambat. Padahal, kesempurnaan proses pembakaran
di ruang bakar mesin sangat ditentukan oleh komposisi yang ideal antara
udara dan bahan bakar
Pengecheckan ECU
ECU merupakan otak yang mengatur keseluruhan unit injector. Karena
takaran dan buka tutup klep sangat berpengaruh apabila terjadi kerusakan
pada ECU . Penyebab kerusakan ECU diantaranya kelistrikan over supply,
rendahnya sember listrik, korsleting dan lainnya. Oleh karena itu bila
melakukan modifikasi yang menggunakan asupan tenaga listrik yang lebih
sebaiknya anda memikirkannya. Pastikan keberadaan aksesoris tambahan itu
tidak berpengaruh ke sistem kelistrikan dan mengganggu ECU.
Gunakan bahan bakar yang berkualitas
Kualitas bahan bakar sangat berpengaruh terhadap mesin injeksi. Oleh
karena itu sebaiknya anda gunakan bahan bakar berkualitas yang oktannya
sesuai dengan standar pabrik pembuatnya. Pemakaian bahan bakar
berkualitas buruk serta oktan booster dengan spesifikasi yang tidak
sesuai dapat menyebabkan tersumbatnya lubang injektor. Sehingga
berakibat spray quality atau kemampuan menyemprot kabut gas pada
injektor jadi kurang sempurna.
Perhatikan kondisi aki
Motor injeksi memanfaatkan kontrol elektrik sebagai penghidup mesin,
penyuplai bahan bakar ke dalam mesin. Maka jelas sekali injeksi memiliki
konsumsi listrik, dalam hal ini adalah Aki. Oleh karena itu perhatikan
kondisi aki secara rutin, segera ganti aki motor injeksi anda jika sudah
tidak menghasilkan arus listrik yang maksimal. Jangan tunggu sampai aki
benar benar soak.
Check kondisi injector
Jika anda belum berpengalaman dalam membersihkan injector sebaiknya anda
di damping oleh ahlinya. Karena jika ingin membersihkannya dengan asal
menyemprot dengan cairan pembersih injector ini dapat mengakibatkan
kinerja injector kurang sempurna. Berikut hal yang harus anda perhatian
ketika membersihkan injector:
- Cairan pembersih injektor dan throttle body tidak boleh mengandung kadar solven terlampau tinggi.
- Saat membersihkan throttle body, disarankan menggunakan sarung
tangan karet untuk menghindari gaya elektro statik yang dapat
mempengaruhi sensor-sensor.
-Dibutuhkan alat khusus (regulator) yang dapat diatur tekanannya saat menyuntik cairan pembersih injektor.
-Servis Injektor dan throttle bod tiap 10.000km
Trik Hebat Merawat Motor Injeksi Kita
Tuesday, July 22, 2014
Trik Hebat Merawat Motor Injeksi Kita
Tags :
info otomotif