Trik cara pasang Ring Piston Honda AHM (AHM piston kit) unik - terbarukan sekali ada dari modifmotif tentang Trik cara pasang Ring Piston Honda AHM (AHM piston kit) unik.
Saya hanya sekedar ingin berbagi pengalaman. Bagi para profesional
dibidangnya, tulisan ini bisa dibilang ilmu dasar perbaikan motor. Namun
untuk kamu yang ingin memcoba melakukan penggantian ring piston
kendaraan secara sendiri, semoga tulisan ini bermanfaat.
Langkah Penggantian Piston kit:
Disini saya tidak akan membahas bagaimana cara membongkar dan memasang piston. Untuk cara membongkat dan memasang silahkan baca Buku Panduan Reparasi (BPR) / Service Manual Book motor kamu. Sesuai judulnya maka saya hanya membahas urutan pemasangan ring piston.
Tulisan ini untuk pemasangan ring piston motor bebek / posisi head silinder tidur. (bisa dipraktekkan pada motor Honda Grand, Honda Supra X 100cc, Honda Win
Mari kita lihat ilustrasi yang terdapat dalam buku pandauan reparasi (mungkin bisa berbeda)
Nah, Silahkan diamati letak dan sudut pemasangan antar celahnya.
Alur ring di piston ada 3, urutannya:
Setelah ring dipasang ke piston dengan tahap susuan ring oli pertama kali, disusul ring kompresi kedua dan pertama, langkah berikut mengatur posisi celah ring di alur piston. Tujuannya meminimalisasi kebocoran kompresi bila gap ring tersusun satu garis.
Usahakan agar celah ring jangan berada dibawah. hal ini dimaksudkan agar menghindari merembesnya oli melalui celah tersebut. Ini hanya berlaku untuk ring kompresi pertama dan kedua.
Pengaturan Sudut Celah Ring:
Saran saya sebelum melalukan pembongkaran harap baca buku panduan repasi dengan teliti. Lakukan pengambilan gambar (foto) setiap detail saat pembongkaran, hal ini agar memudahkan saat pemasangan kembali.
Untuk proses over size bisa dilakukan di bengkel bubut, carilah informasi mengenai bengkel bubut yang bisa mengerjakan dengan baik.
- Pertama lakukan pembongkaran piston (lihat buku panduan reparasi)
- Cek kondisi semua bagian
- lihat ukuran piston (biasanya tertera pada badan piston)
- bawa silinder dan piston saat beli piston kit (menentukan berapa besarnya over size piston baru / kembali std)
- bawa ke tukang oversize silinder
- rakit / pasang semua bagian
- setel karbu (langsangnya diperbesar, biar ga mati2)
Disini saya tidak akan membahas bagaimana cara membongkar dan memasang piston. Untuk cara membongkat dan memasang silahkan baca Buku Panduan Reparasi (BPR) / Service Manual Book motor kamu. Sesuai judulnya maka saya hanya membahas urutan pemasangan ring piston.
Tulisan ini untuk pemasangan ring piston motor bebek / posisi head silinder tidur. (bisa dipraktekkan pada motor Honda Grand, Honda Supra X 100cc, Honda Win
Mari kita lihat ilustrasi yang terdapat dalam buku pandauan reparasi (mungkin bisa berbeda)
Nah, Silahkan diamati letak dan sudut pemasangan antar celahnya.
Alur ring di piston ada 3, urutannya:
- Ring kompresi pertama agak terang dibanding ring kedua. Tugasnya menahan kompresi, juga menyalurkan panas pembakaran.
# Dalam kit AHM terdapat tanda "N/T" - Ring kompresi kedua, biasanya warna fisik agak gelap. Bentuk lingkar
luar atau bibir samping ring kompresi biasanya meruncing di bawah.
“Tugasnya menyapu pelumas di permukaan liner. Juga tidak bikin kotoran
menumpuk di bawah ring. Makanya jangan sampai terbalik.
# Dalam kit AHM terdapat tanda "A" - Ring oli. Terdiri dari susunan ring tipis atas (rel samping), ring gelombag (pengantar) dan diapit lagi ring tipis bawah. (ring tipis sama saja, bisa dibolak balik) Tugas ring oli memberi pelumas pada liner, juga menyekap oli yang terlalu banyak di liner.
Setelah ring dipasang ke piston dengan tahap susuan ring oli pertama kali, disusul ring kompresi kedua dan pertama, langkah berikut mengatur posisi celah ring di alur piston. Tujuannya meminimalisasi kebocoran kompresi bila gap ring tersusun satu garis.
Usahakan agar celah ring jangan berada dibawah. hal ini dimaksudkan agar menghindari merembesnya oli melalui celah tersebut. Ini hanya berlaku untuk ring kompresi pertama dan kedua.
Pengaturan Sudut Celah Ring:
- Ring kompresi pertama membentuk sudut 45 s/d 60 derajat dari titik atas, bisa kekanan atau ke kiri.
- Ring kompresi kedua membentuk sudut 45 s/d 60 derajat dari titik atas, dengan arah kebalikan arah celah ring kompresi pertama.
- Ring oli, bebas.
Saran saya sebelum melalukan pembongkaran harap baca buku panduan repasi dengan teliti. Lakukan pengambilan gambar (foto) setiap detail saat pembongkaran, hal ini agar memudahkan saat pemasangan kembali.
Untuk proses over size bisa dilakukan di bengkel bubut, carilah informasi mengenai bengkel bubut yang bisa mengerjakan dengan baik.
Trik cara pasang Ring Piston Honda AHM (AHM piston kit) unik
TAG : trik mobil motor modif, tips otomotif, cara kerja kendaraan