Modifikasi Honda Blade style balap rodres unik - terbarukan ada dari modifmotif tentang informasi motif modifikasi motor rioad race handal dari Modifikasi Honda Blade style balap rodres unik.
Modifikasi Honda Blade Road Race Menjadi Raja Lintasan Balap
Hal yang sudah biasa
kita saksikan saat di lintasan balap kalau Yamaha Jupiter Z yang selalu
mendominasi jalannya road race tanah air. Tapi, untuk kali ini kita akan
membahas tentang kecepatan dan akselerasi tinggi dari spesifikasi Honda
Blade. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dengan matang untuk
menjadikan motor ini raja dilintasan balap.
Data Modifikasi:
Klep : Honda Sonic 27/22,5mm
CDI : BRT I-max
Karburator : Mikuni TM 24
Master rem depan : Koso
Disk brake depan : Daytona
Sokbraker belakang : Daytona
Knalpot : Ahau
CDI : BRT I-max
Karburator : Mikuni TM 24
Master rem depan : Koso
Disk brake depan : Daytona
Sokbraker belakang : Daytona
Knalpot : Ahau
Konstruksi Kepala Silinder
Sebenarnya untuk langkah awal yang bisa langsung kita lakukan adalah
pada bagian silindernya. Basic kepala silinder Honda Blade sudah sangat
bagus. Terutama perbandingan (ratio) rocker arm lebih tinggi dari mesin
Honda lainnya. Perbandingan rocker arm Honda Blade 1:1,5 artinya saat
rocker arm tertonjok camshaft (noken as) dalam posisi lift penuh, pada
klep membuka 1,5 kali dari tinggi tonjokan camshaft.
Setelah hal pertama kita lakukan maka langsung saja beralih ke bagian
camfhast, karena tinggi camshaft dibuat 6mm maka klep membuka 9mm.
Perbandingan ini lebih tinggi dari Jupiter Z dan Supra X 125 yang hanya
1:1,33. Hasilnya noken as berputar lebih ringan karena tidak membutuhkan
daya tekan besar untuk membuat klep membuka makin tinggi.
Selain itu, camshaft juga dilengkapi dengan dua layer di kanan dan
kiri bikin putaran noken as tambah ringan. Mendesain camshaft baru yang
mengatur lubang isap agar membuka di 34 derajat sebelum TMA dan menutup
di 56 derajat setelah TMB. Dengan lift yang hanya 9mm dan LSA yang tak
lebih dari 103 derajat maka over lap kedua klep saat membuka bersamaan
sekitar 3mm.
Percobaan sudah dilakukan dan diperoleh kalau tenaga atasnya masih
kurang tapi bawahnya sudah bagus. Kita tinggal memainkan saja over
lap-nya sesuai kaakter sirkuit. Disamping itu kubah kepala silinder
Blade ini sudah lebih ceper sehingga lebih mudah menaikan kompresi. Ini
juga salah satu keunggulan kontruksi kepala silinder Blade.
Hanya mengganti piston dengan yang memiliki dome lebih tinggi 2,5mm,
kompresi langsung naik tanpa harus membuat squish atau merubah sudut
kubah. Paling hanya papas sedikit saja,” yakin Akiang yang juga yakin
kompresi yang didapat 13,6:1. Dan hasil modifikasi step satu ini baru
memuntahkan peak power 16dk di 8000 rpm. Sudah dua kali lipat dari
tenaga standarnya.
Tensioner Rantai Keteng Custom
Tensioner rantai keteng Blade masih menggunakan fitur yang sama
dengan mesin generasi C series yaitu menggunakan roller, bukan bilah
seperti pada Supra X125. Agar rantai keteng enggak gampang kendur,
Akiang memodifikasi dengan menggunakan bilah dan setelan kekerasan mirip
Supra X 125. Hasilnya lebih awet dan konsisten di putaran tinggi.
Pengapian Murah Meriah
Tidak ada yang istimewa di sektor pengapian. Tidak ada barang mahal,
magnet hanya pakai standar bawaan pabrik. “Magnet standar hanya dibubut.
Totalnya berat tinggal 600 gram. Sedang CDI pakai BRT i-max untuk Supra
X125. CDI Supra X125 ternyata sama persis dengan CDI Honda Blade. “Pick
up magnetnya sama, kita tinggal sesuaikan kabelnya saja karena beda di
bagian soket.
Kopling Supra X 125
Bawaan Honda Blade ini sudah mengadopsi kopling dengan sistem pegas
diapragma. Namun karena keterbatasan part kita bisa menggantinya dengan
kopling set sistem pegas spiral bawaan Supra X125. Kemampuannya menekan
kompling pun lebih merata ketimbang pegas. Tapi cari partnya susah
sekali, dari pada pusing mendingan diganti.
Modifikasi Honda Blade style balap rodres unik
TAG : modif unik motor mobil, harga motor mobil terbaru, trik otomotif mobil motor