Sepedamotor bergerak karena roda belakang mempunyai tenaga untuk berputar, tenaga putar ini didapat dari mesin. Didalam mesin ada komponen-komponen yang bekerja untuk menghasilkan tenaga PUTAR. Karena tujuan akhirnya adalah gerak putar, maka mesin yang paling baik adalah mesin rotary dengan siklus Wankel, sayangnya mesin ini mahal biaya pembuatan maupun perawatannya, tidak cocok untuk sepedamotor sehari-hari, Hercules W2000, Suzuki RE5 adalah contoh sepedamotor dengan mesin rotary.
Mesin atau motor bakar yang lebih ekonomis dan lebih mudah perawatannya adalah mesin dengan siklus Otto, kekurangannya ada komponen mesin yang tidak bergerak putar, ada komponen yang bergerak bolak-balik yaitu piston dan setang piston-connecting rod.
Piston bergerak bolak-balik, bergerak, berhenti, balik arah, bergerak, berhenti, balik arah, bergerak, berhenti, balik arah, ini tidak bagus untuk menghasilkan tenaga putar,
roda belakang sepedamotor berputar tidak pernah berhenti, kecuali ada
keperluan. Piston disambung dengan setang piston untuk terhubung dengan
kruk as-crankshaft. Crankshaft merubah gerak bolak-balik piston
menjadi gerak putar, HOREE akhirnya kita mendapat tenaga putar dari
mesin, untuk memutar roda belakang.
Mesin DOHC Double Overhead Camshaft adalah salah satu tipe mesin 4 langkah yang dibuat dengan tujuan mengurangi komponen yang bergerak bolak-balik, pada mesin ini yang bergerak bolak balik tinggal piston, setang piston, dan klep (3 komponen). Tipe SOHC masih ada tambahan pelatuk klep-rocker arm (4 komponen) yang bergerak bolak-balik, pada tipe OHV masih ditambah lagi push rod (5 komponen) yang bergerak bolak-balik. Tipe mesin SV
(Side Valve) beda dari tiga tipe disebut diatas, karena klep dipasang
disamping piston, komponen yang bergerak bolak balik sama seperti mesin
DOHC tetapi kubah ruang bakar tidak bisa dibuat untuk perbandingan
kompresi tinggi, efisiensi mesin rendah, sekarang mesin tipe SV hanya
dipakai pada mesin statis, seperti generator.
Kesimpulan DOHC adalah tipe mesin empat langkah yang mampu menghasilkan tenaga putar paling baik, putaran mesin makin tinggi sama dengan putaran roda belakang makin cepat, maka sepedamotor dengan mesin DOHC ….. laju.
Kesimpulan DOHC adalah tipe mesin empat langkah yang mampu menghasilkan tenaga putar paling baik, putaran mesin makin tinggi sama dengan putaran roda belakang makin cepat, maka sepedamotor dengan mesin DOHC ….. laju.
50cc (limapuluh sese) DOHC tidak ada masalah.
DOHC tetap bagus walaupun untuk kapasitas
mesin kecil, yang jadi masalah mungkin adalah harganya, sepedamotor
50cc koq harganya segitu, maaf DOHC memang mesin mahal, dan untuk
pengendara-pemilik sepedamotor yang ngerti saja.
SUMBER ::: bengkelsepedamotorTernyata DOHC itu mesin mahal yah !!!!
TAG : modifikasi air brush motor mobil, harga ban motor mobil, info otomotif modif terbaru