head Triik tips cara pantau Putaran Mesin unik | modifmotif

modifikasi motor modifikasi mobil informasi otomotif

Thursday, August 14, 2014

Triik tips cara pantau Putaran Mesin unik

Triik tips cara pantau Putaran Mesin unik - terbaru sekali ada dari modifmotif tentang Triik tips cara pantau Putaran Mesin unik, sungguh sangat mengesakan sekali bukan semoga ber,manfaat dan bisa menambah pengetrahuan anda di bidang otomotif ini.

Pengguna skutik yang pengen bergaya motor sport, brad? Maksudnya mengaplikasi peranti pemantau RPM (radian per minute)? Gampang! Pasang optional aja. Produk aftermarketnya dijual di pasaran, kok. . .
Gue dah pake tuh. . . Sekarang bisa ngeliat putaran mesin alias RPM, terutama kalo lagi ngebut, juga ketahuan langsamnya di RPM berapa. . .
RPM ini digunakan sebagai satuan untuk mengukur banyaknya putaran mesin dalam satu menit. artinya tentu adalah banyaknya putaran yang dilakukan dalam satu menit.
Caranya pasangnya gimana brad? gampang kok. Tinggal colok aja dan bisa dikerjakan sendiri buat yang doyan utak-atik motor. Paling sekitar 30 menitan.
Untuk yang mau pasang, bisa simak ulasan dibawah. . . Kalau gak juga gak apa-apa, kan! Yuk, mari!
Nah, supaya RPM digital itu gak gampang dicomot tangan jail, mending ditaruh di dalam panel speedometer. Selain itu juga terhindar dari yang namanya air hujan atau saat dicuci. Sehingga peranti itu tetap aman dan gak cepat rusak.
RPM yang dipakai model digital dengan memakai display seven segmen, seperti gambar dibawah ini:
karena RPM akan di custom dan dipasang di dalem speedo, maka harus disesuaikan dengan ruang speedo nya. . .caranya gimana?
yaitu dengan memisahkan PCB dengan display seven segmen nya. sedot timahnya dulu pelan2 agar PCB nya bisa dipisahkan dari display, hati2 sedot timahnya. . .takut jalurnya ikut keangkat
setelah display seven segmen nya ke angkat, lalu pada kaki2 display sambungin kabel kecil
kalo rangkaian RPM nya sudah rapi,
lanjut bongkar2 mongstornya nih. . .pertama buka batok depan dulu
buka juga box depan, box underseat untuk memudahkan nyambungin sensor rpm nya ke pulser dari CDI. . .
lanjut buka mika speedo. . .
buka mika speedo nya pelan-pelan. . .


sementara. . . pasang dulu kabel panjang dari socket kabel pulser disambungin ke depan
Untuk membuat jalur kabel rangkaian display dari PCB pada speedo, harus dibuatkan lubang kecil ± 5mm
posisikan display RPM nya dengan benar dan biar sisa-sisa lubang pada jalur kabel di rumah speedo tidak kemasukan air, bisa dikasih lem sealant
Di modul RPM terdapat 3 kabel; berwarna merah, hitam dan hijau. Kabel merah (modul) disambung ke socket kunci kontak, lalu warna hitam diikatkan ke massa atau ground, yang warna hijau disatukan ke soket kabel pulser dari CDI warna biru-kuning.
setelah lem sudah kering, lanjut pemasangan sambungan kabel-kabel dari kaki display ke PCB RPM nya. . .
pasang kembali mika speedo nya lalu rekatkan sambungan kabel2 pake isolasi elektrik

agar lebih aman dari air saat mencuci, PCB nya bisa dibungkus rapi dengan plastik
lalu rapikan posisinya sehingga ngumpet dibawah rumah speedo. . .
pasang lagi batok depan, box depan, cover underseat. . .

putaran mesin pada skutik sudah bisa dibaca dengan mudah, smoga bermanfaat dengan tutorial ini. 
Triik tips cara pantau Putaran Mesin unik
TAG : modifikasi air brush motor mobil, harga ban motor mobil, info otomotif modif terbaru

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Triik tips cara pantau Putaran Mesin unik